24 TIM SEPAK BOLA WANITA, IKUTI PIALA WAKIL BUPATI

Dibuat Pada Minggu, 07 Agustus 2016

PURBALINGGA – Sebanyak 24 tim sepak bola wanita pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah dari berbagai sekolah Se-Kabupaten Purbalingga di Stadion Goentoer Darjono Minggu pagi (7/8) mengikuti pertandingan Sepak Bola Wanita Piala Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2016.

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purbalingga, Penjabat Sekda, Staf Ahli Bupati serta para Asisten Sekda juga pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Se-Kabupaten Purbalingga dengan diawali pertandingan sepak bola antara Tim Forkopimda dan Tim SKPD serta kick off oleh Wabup.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Sepak Bola Wanita Piala Wakil Bupati Purbalingga Tri Gunawan Setyadi menjelaskan, bahwa  kegiatan yang dilatarbelakangi semakin berkembangnya sepak bola di Kabupaten Purbalingga, selain itu, berkembang sepak bola yang begitu baik serta didominasi oleh pesepak bola laki-laki. Namun di  Purbalingga juga mempunyai tim sepak bola wanita yang sudah terpandang di tingkat Jawa Tengah yaitu Perastuan Sepak Bola Wanita Karangreja (Persewaka).

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mencari bibit potensial sepak bola wanita di Purbalingga. Tujuan lainnya adalah dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71 Tahun 2016,”jelasnya.

Tri Gunawan menambahkan, bahwa pertandingan tersebut, diikuti oleh 24 tim yang terdiri dari sembilan tim SMA, 12 tim SMK serta dua tim MA. Pertadingan akan dilaksanakan mulai tanggal 7-14 Agustus di Stadion Goentoer Darjono dan akan diambil empat besar tim dengan total hadiah Rp17 juta.

Dalam sambutannya Wabup Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan, bahwa turnamen sepak bola kali ini merupakan kegiatan kedua pada masa pemerintahan kepemimpinnya  bersama Bupati Purbalingga Tasdi. Pihaknya bersama bupati kedepan juga berkomitmen  akan menyelenggarakan kegiatan serupa minimal tiga turnamen setiap tahunnya. Dan kegiatan serupa yang sudah dilaksanakan pada Bulan April adalah Piala Bupati, sedangkan turnamen kali ini sekaligus menyemarakan HUT RI ke -71 serta pada Bulan Desember yang juga bertepatan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga, akan digelar turnamen piala Ketua DPRD Purbalingga.

“ Jadi minimal dalam satu tahu nada tiga pertandingan sepak bola dan hari ini merupakan sepak bola wanita pertama yang diselenggarakan Kabupaten Purbalingga serta pada Desember yang bertepatan dengan hari jadi Purbalingga juga akan digelar Piala Ketua DPRD Purbalingga,”tuturnya.

Wabup menambahkan, bahwa ada beberapa  maksud dan tujuan kegiatan tersebut anatar lain sebagai ajang silaturahmi sekaligus menggalang kebersamaan, persahabatan dan solidaritas antar pelajar adalah SMA/SMK/MA di Kabupaten Purbalingga juga mencari bibit olah raga manita. Kegiatan tersebut  juga dalam rangka HUT RI ke 71, sehingga dengan mometum tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme, kebangsaaan, cinta tanah air dan semangat  cinta olah raga.  Tujuan lainnnya adalah memasyarakatkan sepak bola wanita kepada masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Karena olah raga sepak bola adalah olah raga rakyat dan meningkatkan greget masyarakat terhadap sepak bola, khususnya sepak bola wanita.

“Tidak hanya  kaum tua, kaum muda mapun kaum anak-anak baik pria maupun wanita juga suka olah raga sepak bola  dan saya melihat melihat olah raga ini potensinya cukup bagus, akan tetapi setelah dicermati dalam beberapa tahun gregetnya semakin berkurang, oleh karena itu saya bersama bupati agar bagaimana nantinya akan meningkatkan gereget masyarakat khsususnya sepak bola wanita,”jelasnya.

Harapannya, tambah wabup, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut akan mencetak atlet-atlet sepak bola wanita yang tangguh di kabupaten Purbalingga sehingg nantinya dapat mengharumkan dan mengangkat sepak bola Purbalingga. Sehingga kegiatan tersebut harus berjalan lancar sampai dengan selesai, karena panitia menyediakan hadiah trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

“ Di pertandingan final nanti, akan diperebutkan juara satu hingga juara tiga serta juara harapan dan mendapatkan trofi sekaligus uang pembinaan. Bagi juara I akan mendapatkan uang pembinan Rp7 juta, juara II Rp5 juta dan juara III Rp3 juta serta juara harapan I Rp2 juta,”tuturnya. (Sukiman)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *