MENTERI DESA PDTT RI KUNJUNGI PURBALINGGA

Purbalingga – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Purbalingga. Kunjungan Menteri Desa PDTT ini dilakukan dalam rangka survey pendahuluan untuk kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Purbalingga.

“Saya memang tidak mau memberikan laporan kepada Presiden sebelum saya sendiri melakukan cek ke lapangan, karena kita tahu bahwa Presiden kita tidak berkenan laporan yang direkayasa jadi harus asli dan yang benar-benar,” kata Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri saat melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Purbalingga yang bertempat di Pendopo D’LAS Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Selasa (10/3).

Ia mengatakan kunjungan kerja dilakukan karena sedianya Presiden RI akan mengunjungi Purbalingga. Hal tersebut dalam rangka meninjau geliat perekonomian, terutama UMKM, Digitalisasi Desa dan perkembangan BUMDes di Kabupaten Purbalingga yang menjadi motor penggerak perekonomian dari desa.

“Seperti Desa Wisata yang muncul ratusan sampai ribuan tiap tahun itu harus bisa ditunjukan secara faktual, kegiatan dan pengelolaannya, kunjungan ini kami ingin memberikan laporan kepada Presiden dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu,” ujar Gus Menteri.

Menurutnya, salah satu kabupaten/kota yang masuk nominasi untuk dikunjungi Presiden RI yakni Kabupaten Purbalingga. Hal ini dikarenakan Kabupaten Purbalingga memiliki BUMDes dengan kegiatan yang beraneka ragam.

“Varian BUMDesnya banyak, tadi ada BUMDes yang mengurusi sampah, ada BUMDes yang mengelola wisata, ada BUMDes yang mengurusi tenun dan banyak lagi,” katanya.

Ditambah lagi, di Purbalingga akan ada Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman sehingga akses regionalnya menjadi sangat bagus. Dan desa-desa di wilayah sekitar Bandara maupun Kabupaten Purbalingga khusunya dan kabupaten tetangga harus melakukan persiapan yang matang supaya dapat memanfaatkan secara optimal keberadaan bandara itu.

“Makanya kemudian saya verifikasi betul, kemudian nanti saya laporkan ke Presiden dengan titik-titik yang lainnya, dan nanti tingga menunggu keputusan dari Presiden,” jelasnya.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Purbalingga, Menteri Desa PDTT melakukan penandatanganan prasasti beberapa wahana di D’Las Desa Serang, kemudian meninjau stand Tuka-Tuku Purbalingga dan meresmikan pengiriman kapulaga kerjasama BUMDes Gunung Wuled dengan PT Sidomuncul.

Hal ini pun kemudian disambut baik oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi atas Kunjungan Kerja Menteri Desa PDTT di Kabupaten Purbalingga. Dalam sambutannya ia memaparkan terkait dengan Tuka-Tuku produk UMKM yang bekerjasama dengan Bukalapak, BUMDes Kalika Mandiri yang bekerjasama dengan BRI, Desa Digital di Desa Karanganyar, Kampung Marketer dan Obyek Wisata yang dikelola BUMDes yakni D’Las Desa Serang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *