Pemkab Purbalingga dan BPPT Sepakati Kerjasama Penerapan Teknologi

PURBALINGGA, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sepakat melakukan kerjasama dibidang pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi. Kesepakatan dilakukan oleh Bupati Purbalingga, Tasdi dan Kepala BPPT, Unggul Priyanto di Gedung II BPPT Lantai 15 Jalan M.H. Thamrin Nomor 8, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

Kesapakatan tersebut menurut Sekretaris Badan Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Purbalingga, Siswanto bertujuan mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah Kabupaten Purbalingga. Kemudianm meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga daerah melalui pengkajian, penerapan, pemanfaatan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah Kabupaten Purbalingga.

“Dari Hasil kesepakatan tersebut juga sebagai dasar penyusunan Perjanjian Kerja Sama / PKS antara Bappelitbangda Purbalingga dan PUSPITEK BPPT terkait rencana implementasi sistem e-planninge-budgeting, dan e-performance [email protected] milik BPPT di Pemkab Purbalingga,” kata Siswanto saat mendampingi Bupati Purbalinggga.

Ruang lingkup kerjasama lanjut Siswanto meliputi pengkajian kebijakan teknologi, pengkajian dan penerapan teknologi di bidang agroindustri dan bioteknologi. Pengkajian dan penerapan teknologi di bidang pemanfaatan sumberdaya alam dan Lingkungan. Pengkajian dan penerapan teknologi di bidang industri rancang bangun dan rekayasa, serta pengkajian dan penerapan teknologi di bidang informasi, energi dan material.

“Sedangkan bentuk bentuk kerja sama meliputi, penelitian dan pengembangan teknologi baru, tukar menukar data dan Informasi, pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian yang telah ada, serta bantuan teknis,” tambahnya.

Penandatanganan  kerjasama dengan BPPT, menurut Siswanto bukan hanya Pemkab Purbalingga saja namun juga ada dari Kementerian Desa PDTT,  Pemkab Indragiri Hulu, Pemkab Bantul. Kemudian dari BUMN seperti  PT. Perkebunan Nusantara  V,  PT. Astra Otoparts,  PT. PGE, PT Star energy (PLTP),  dan BPPI. (PI-2)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *