Penarikan Mahasiswa KKN IAIN Purwokerto Di Desa Karangtengah, Kec. Kemangkon

   

Kemangkon – Sebanyak 500 mahasiswa yang berasal dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Purbalingga. Seluruh mahasiswa diserahkan kembali ke kampus IAIN, penyerahan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Januar Abidin dan diterima oleh Wakil Rektorat IAIN Purwokerto Supriyanto, Rabu (30/8).

“Pentingnya peran mahasiswa untuk membantu dan mendampingi masyarakat untuk membangun desanya dan mengentaskan kemiskinan dengan pemberdayaan dan ketrampilan. Dan atas nama Pemkab Purbalingga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja keras para mahasiswa yang telah tuntas melaksanakan tugas KKN di kabupaten Purbalingga,” ungkap Januar Abidin saat menyerahkan Mahasiswa IAIN kembali ke kampus di Aula pendopo desa Karangtengah Kecamatan Kemangkon.

Terkait KKN Tematik yang diusung IAIN Purwokerto Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mendukung kontribusi peserta KKN. Upaya pengentasan kemiskinan menjadi prioritas utama sebagaimana visi dan misi yang ditetapkan Bupati Purbalingga. Menurut Januar, pihaknya berharap ada satu desa di Purbalingga yang dapat dijadikan percontohan untuk pengentasan kemiskinan di Purbalingga, sebagai desa Binaan IAIN.

Sementara Itu Wakil Rektorat 3 IAIN Purwokerto Supriyanto menuturkan, “pihaknya dan para Mahasiswa merasa nyaman selama 40 hari dari tanggal 17 Juli – 30 Agustus 2017 melakukan KKN di dua kecamatan yakni di Kemangkon dan Mrebet. KKN IAIN Purwokerto Tahun 2017 terbagi dalam 38 kelompok, 19 kelompok di Kecamatan Mrebet dan 19 Kelompok di Kecamatan Kemangkon,” katanya.

Ditambahkan Supriyanto, Saat ini pihaknya sedang berupaya untuk melakukan mediasi dengan pusat agar dapat beralih status dari Institut menjadi Universitas. Menurut Supriyanto pihaknya berharap pada Pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk mengijinkan IAIN dapat membuka cabang di Purbalingga dan ada pembicaraan lebih lanjut agar dapat membuka kelas di Purbalingga.

Dalam kegiatan itu para Mahasiswa juga membuka Expo satu hari menampilkan hasil hasil produksi olahan baik makanan maupun hasil ketrampilan di desa tempat para mahasiswa melakukan KKN. Ada sekitar 20 stan dan dibuka untuk umum dari pagi hingga sore hari.

Penyerahan kembali oleh Pemkab Purbalingga ke Kampus IAIN oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Januar Abidin dan diterima oleh Wakil Rektorat IAIN Purwokerto Supriyanto dihadiri juga oleh Plt Dindukcapil Rusmo Purnomo, Sekdin Dinperindag Bambang Sukendro, Bapelingbangda, Camat Kemangkon M. Nurhadi, Kades Karangtengah dan seluruh Mahasiswa IAIN. Dalam kegiatan itu pula kedua belah pihak saling memberikan cindera mata yang disaksikan oleh segenap tamu undangan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *