PENERIMAAN KKN UNSOED PURWOKERTO DI PENDOPO DIPOKUSUMO KABUPATEN PURBALINGGA

Salah satu indikator meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah bagusnya kualitas pendidikan. Hal itu disampaikan Bupati Tasdi saat menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) di Pendapa Dipokusumo Purbalingga Kamis (18/1/2018). Menurut Tasdi, IPM Purbalingga tahun 2015 di nomor 27 sangat memprihatinkan.

“Saya dengan bu Wakil bekerja keras dari detik pertama dilantik untuk mengangkat IPM yang di 2015 memprihatinkan,” kata Tasdi.

Dari hal di atas, Tasdi berpesan kepada 232 peserta KKN untuk melakukan inovasi. Tasdi mengatakan, para intelektual harus mampu mendiagnosa masalah di suatu tempat dan harus mampu mencari solusi permasalahan tersebut. Tasdi juga menambahkan, Purbalingga yang telah menjadi kota wisata membutuhkan pengembangan dan peran serta dari seluruh lapisan termasuk mahasiswa.

“Kabupaten Purbalingga sangat welcome kepada mahasiswa yang akan KKN di Purbalingga. Semoga terjadi simbiosis mutualisme antara Pemda, Universitas, Mahasiswa dan tentu saja masyarakat,” ujar Tasdi.

Wakil Rektor III Unsoed Priananto yang ikut mendampingi mahasiswa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga yang dari tahun ke tahun menerima dengan baik mahasiswa KKN Unsoed. Dia berharap para mahasiswa bisa menjadi agen perubahan yang ikut menjadi subjek pembangunan.

“Mahasiswa mahir di teori. Namun di lapangan akan jauh berbeda penerapannya. Karenanya kami mohon bimbingan pada Camat Rembang dan Karangmoncol serta para Kepala Desa yang ketempatan untuk selalu membimbing mahasiswa KKN kami,” jelas Priananto.

Dia juga berharap akan adanya perubahan atitude pada masyarakat. Dia menambahkan, mahasiswa harus mampu mengubah pola pikir masyarakat agar tidak hanya menjadi masyarakat yang konsumtif namun menuju masyarakat yang produktif.

“Dari paparan bapak Bupati tadi bisa ditarik kesimpulan potensi di Purbalingga banyak sekali seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Semoga mahasiswa lebih bisa mengoptimalkan peran masyarakat,” pungkasnya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *