PILKADES SERENTAK 9 DESA DI PURBALINGGA LANCAR DAN KONDUSIF

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada jajaran panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan Minggu (8/3) ini di 9 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Hal itu diungkapkan Bupati Tiwi di sela-sela pemantauan bersama Desk Pilkades Kabupaten Purbalingga yang beranggotakan Bupati, Kapolres Purbalingga, Kajari, Danlanud JB Soedirman dan sejumlah pejabat pemkab lainnya.

Dikatakan Bupati Tiwi, para pelaksana pilkades termasuk didalamnya jajaran pengamanan telah bekerja keras sehingga proses pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman. Tiwi mengharapkan, proses penyelenggaraan pilkades di Purbalingga dari mulai pemungutan suara, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih dapat dikawal dengan baik dan lancar sehingga tidak ada permasalahan yang signifikan.

“Dari hasil pemantauan kami, Alhamdulillah 9 titik di kabupaten Purbalingga bisa melaksanakan pilkades dengan lancar. Sampai menjelang penutupan pemungutan suara, kondusifitas masih terjaga, aman dan tidak ada permasalahan berarti. Mudah-mudahan sampai dengan selesainya proses ini tetap kondusif,” katanya didampingi Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Safii Maulla dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Bupati berkeyakinan pelaksanaan pilkades kali ini dapat mewujudkan pilkades yang berintegritas, bermartabat, aman, damai dan kondusif. “Siapapun yang terpilih dalam pilkades di 9 titik ini, bisa menjadi pemimpin yang amanah, dan mampu membawa kemajuan di desanya,” katanya.

Disela-sela monitoring, Bupati Tiwi juga kembali mengingatkan para calon kades untuk menjadi orang yang berjiwa besar, siap menang dan siap kalah.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan, SH yang tergabung dalam tim 2 bersama Dandim 0702, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 406/CK. Dikatakan Bambang Irawan, pelaksanaan pilkades kali ini terbilang lebih baik disbanding pelaksanaan pilkades sebelumnya. “Ini luar biasa. Animo masyarakat bagus dan kondusifitas terjaga,” katanya.

Dirinya memaknai penyelenggaraan pilkades serentak yang dilaksanakan di 9 desa sebagai demokrasi yang baik untuk masyarakat dimana dalam memaknai perbedaan pendapat tidak menjadi sebuah permusuhan.

Sementara itu, Kapolres AKBP M Safii Maulla mengatakan pihaknya mengerahkan 400 personel gabungan untuk mengamankan pilkades serentak. Sejumlah titik yang dianggap rawan dari segi jarak juga dilakukan pengamanan lebih.

“Alhamdulillah kondusif. Riak dan gejolak politik yang terjadi masih sebatas wajar dana man. Kita berharap, para calon, panlak dan masyarakat mendukung pilkades yang aman dan damai,” katanya.

Pilkades serentak di kabupaten Purbalingga dilaksanakan di 9 Desa yang tersebar di 6 wilayah kecamatan dan diikuti oleh 26 calon kepala desa. Di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara, diikuti oleh 5 calon kades. Kemudian di Desa Pangempon Kecamatan Kejobong diikuti 2 cakades. Sementara, di Kecamatan Kemangkon, pilkades dilaksanakan di desa Karangkemiri diikuti 2 calon kades, Pelumutan 3 cakades dan Muntang 3 cakades.

Wilayah lainnya, meliputi Kecamatan Bojongsari di Desa Banjaran yang diikuti 5 calon kades, kemudian Kecamatan Mrebet di Desa Mangunegara dengan 2 calon kades dan terakhir di Kecamatan Karanganyar yang dilaksanakan di Desa Lumpang dan Maribaya masing-masing diikuti 2 calon kades.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *